Wadadawcom
  • Home
  • Nasional
  • Betulkah Pisang Tongka Langit, Varietas Misterius yang Menyehatkan?
Nasional Unik

Betulkah Pisang Tongka Langit, Varietas Misterius yang Menyehatkan?

Sebuah artikel dari BBC mempublikasi ekspedisi tim gabungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementerian Pertanian, terkait temuan penyebaran jenis pisang istimewa nan misterius di Gunung Galunggung, Jawa Barat, pada September 2017 lalu.

Kemunculan varietas pisang ini di Jawa Barat membuat para ilmuwan melakukan ekspedisi tersebut. Sebab, tanaman bernama Pisang Tongka Langit tersebut aslinya tumbuh di Maluku dan Papua yang ditemukan pada 1980-an lalu.

Berbeda dengan pisang pada umumnya, Tinggi tanaman pisang itu rata-rata lima hingga tujuh meter, batangnya tegak, dan buahnya tidak menggantung, melainkan menengadah ke atas menghadap langit. Oleh sebab itu pula kenapa varietas pisang tersebut diberi nama Tongka Langit.

Dalam lansiran publikasi tersebut, Ketut Wikantika, kepala tim ekspedisi yang juga merupakan ahli penginderaan jauh pertanian dan biodiversitas ITB menjabarkan bahwa ciri khas buah tersebut yakni panjang buah per sisirnya sekitar 20-30 cm dan dengan diameter 5-10 cm.

Berkulit tebal dan tekstur daging buahnya lembut, seperti mentega dengan warna khas oranye (bahasa umum masyarakat, matang di pohon). Kadar manis pisang varietas ini tidak seperti pisang Cavendish atau sejenisnya, sangat cocok bagi yang tidak suka yang terlalu manis, tambahnya.

sumber foto: bbc

Pisang Tongka Langit ini menjadi pisang berkadar betakaroten tertinggi di keluarga pisang. Sebab Betakaroten merupakan senyawa (zat) yang menghasilkan vitamin A, sehingga dengan hanya mengonsumsi 250 gram pisang ini, kebutuhan tubuh akan vitamin A perharinya sudah terpenuhi.

 

Pisang Tongka Langit, Potensi Sumber Pangan Alternatif

sumber foto: bbc

Fenny Martha Dwivany, pakar Biologi Molekuler Tanaman ITB, mengatakan dengan tingginya senyawa betakaroten, meyakini pisang misterius tersebut berpotensi jadi sumber pangan alternatif.

Tapi sebelum hal tersebut dilakukan, ia menyarankan untuk terus dilanjutkan pengumpulan data molekuler Pisang Tongka Langit tersebut. Terutama pada pemanfaatannya dan memastikan pisang Tongka Langit dapat bertahan dari serangan hama dan penyakit.

Dengan riset tersebut, pembudidayaan pisang jenis ini bisa dilakukan, salah satunya penyilangan pisang Tongka Langit dengan jenis pisang lain yang tahan terhadap penyakit.

“Kita bisa tahu, pisang mana yang tahan penyakit. Dari data itu, kita akan pilih pisang-pisang yang potensial untuk bisa dibudidayakan. Ke depannya mungkin pisang yang tahan penyakit bisa disilangkan dengan pisang yang betakaroten tinggi seperti Pisang Tongka Langit,” papar Fenny.

Related posts

Sejarah Pulau Jawa Th 10.000 SM – Sekarang

Batavya

ISPO 2018; Ajang Meningkatkan Khazanah Ilmu Pengetahuan Indonesia

admin

Cara Memasang Admob di Android Studio

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Login

X

Register