Beranda Nasional Sinabung Erupsi, Beberapa Wilayah Sumatra Utara Tertutup Kabut

Sinabung Erupsi, Beberapa Wilayah Sumatra Utara Tertutup Kabut

0
BERBAGI
foto: kompas.com

Awan panas Gunung Sinabung membumbung hingga 5.000 meter per segi dengan jarak luncuran 500 hingga 2.000 meter ke arah selatan dan tenggara. Kabut asap dari hasil erupsi mencapai wilayah Pakpak Barat hingga sampai ke Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Dilansir kompascom, Veryanto Sitohang, saksi yang merupakan warga Jalan 45, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, mengatakan bahwa debu Sinabung membuat wliayah ini tertutup kabut tebal sejak pagi, Senin (19/02).

“Sampai ke sini abunya, jadi kayak ditutupi kabut, (jadi) terganggu pandangan. Abunya terasa,” kata begitu yang terkutip.

Erupsi Gunung Sinabung ini merupakan kali pertama terjadi sejak memasuki tahun 2018. Meski begitu, Gunung terbesar dan sangat aktif di wilayah utara pulau Sumatra ini memang sering terjadi tiap tahunnya.

Masyarakat setempat yang kena kabut dihimbau untuk mengenakan masker untuk menjaga pernapasan agar terhindar dari gangguan kesehatan karena menghirup asap dan kabut dari erupsi Sinabung tersebut.

Dalam lansiran yang sama, Armen Putra, Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung mengonfirmasi memang benar Gunung Sinabung Senin pagi mengalami erupsi. Dengan jarak luncur sektoral selatan-tenggara sekitar 4.900 meter dan sektoral tenggara-timur sekitar 3.500 meter dengan Level IV atau Awas.

Gunung api Sinabung merupakan gunung yang berada di Pulau Sumatra Utara dengan 2.460 mdpl yang terletak di Kab. Karo, Sumatera Utara. Erupsi yang terjadi pagi tadi berkekuatan amplitudo 120 milimeter dan lama gempa 607 detik (10,7 menit).

Wadadaw News

loading...

LEAVE A REPLY

Specify Facebook App ID and Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Facebook Login to work

Specify GooglePlus Client ID and Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for GooglePlus Login to work